Penyuka Pedas, Sudah Tahu Manfaat Cabai Bagi Kesehatan?

Dari semua rempah-rempah yang meningkatkan cita rasa hidangan nusantara, cabai merupakan bumbu dapur yang paling sering ditemui. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat cabai tidak hanya sebagai peningkat cita rasa serta pemberi sensasi panas dan pedas dalam hidangan? Manfaat cabai bagi kesehatan juga tidak kalah dari rasanya yang pedas.

Bagi penyuka pedas, Anda tidak perlu lagi bingung untuk mencari alasan untuk mengajak orang lain masuk ke dalam kelompok ‘pecinta pedas’ Anda, karena manfaat cabai merah besar bagi kesehatan sudah cukup meyakinkan untuk membuat teman-teman Anda tertarik untuk menikmati rasa pedas dari bumbu dapur ini.

1. Membantu menurunkan berat badan

Suka pedas dan ingat mengurangi berat badan? Studi menunjukkan bahwa salah satu manfaat cabai dalam menurunkan berat badan terletak pada senyawa capsaicin di dalamnya yang mampu meningkatkan pembakaran lemak serta mengurangi nafsu makan.

Akan tetapi, riset tambahan masih diperlukan untuk memastikan manfaat cabai yang satu ini. Selain itu, mengonsumi cabai tidak serta merta dapat menurunkan berat badan. Anda masih perlu mengkombinasikannya dengan menjaga pola makan dan olahraga yang teratur.

2. Melancarkan peredaran darah

Saat Anda mengonsumsi cabai, senyawa capsaicin di dalamnya dapat melancarkan peredaran dan meningkatkan fungsi jantung. Bahkan, riset mendapati bahwa salah satu manfaat cabai adalah mencegah penyakit jantung.

Manfaat cabai dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung karena khasiatnya dalam menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah, serta melancarkan peredaran darah.

Senyawa capsaicin juga mampu menghambat gen dalam tubuh yang dapat memicu penyempitan otot dinding pembuluh darah. Meskipun demikian, manfaat cabai ini tidak berarti Anda bisa serta merta mengganti obat jantung Anda karena cabai bukanlah obat untuk penyakit jantung.

3. Membantu pencernaan

Manfaat cabai yang cukup unik adalah dalam membantu pencernaan. Senyawa capsaicin dalam cabai dapat membantu penyerapan nutrisi dalam usus dan meningkatkan proses pencernaan makanan. Namun, manfaat cabai ini tidak bisa dirasakan jika Anda mengonsumsinya secara berlebih.

4. Meringankan rasa sakit

Senyawa capsaicin juga berkontribusi dalam manfaat cabai untuk meringankan rasa sakit. Sesaat pernyataan ini mungkin terlihat bertentangan tetapi konsumsi cabai yang banyak mampu mengurangi sensitivitas rasa sakit Anda.

Berkurangnya rasa sakit tidak hanya saat Anda kepedasan, tetapi juga saat Anda merasakan rasa sakit lainnya, seperti sensasi panas yang disebabkan oleh asam lambung atau heartburn.

Bahkan, mengoleskan senyawa capsaicin pada daerah tubuh yang sakit sehabis operasi atau karena kerusakan saraf dapat mengurangi rasa nyeri tersebut.

Namun, manfaat cabai dalam mengurangi rasa sakit tidak permanen dan hanya bersifat sementara saja. Umumnya, sensitivitas tubuh terhadap rasa sakit akan kembali seperti semula dalam waktu satu sampai tiga hari setelah Anda berhenti mengonsumsi cabai.

Itulah beberapa manfaat dari cabe yang baik untuk kesehatan tubuh. Saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat membeli cabe yang dijamin segar dan berkualitas. TaniHub menyediakan cabe serta kebutuhan sehari – hari seperti buah, sayur, sembako, kebutuhan masak, bumbu, telur dan unggas lainnya yang telah lulus quality control yang ketat.

TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Keberadaan TaniHub mendukung para petani untuk mendapatkan akses pasar dengan menyalurkan hasil produk pertaniannya kepada konsumen B2B (Business to Business) & B2C (Business to Consument).

Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau dari promo yang ditawarkan oleh TaniHub.

Yuk belanja sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *