Jenis dan Cara Mengecek BPJS Kesehatan

Bisa Online ataupun Offline, Ini 7 Cara Melihat Status BPJS Kesehatan
source gambar : popbela.com

Perlu diketahui bahwa BPJS Kesehatan menjadi sebuah perlindungan kesehatan yang wajib dimiliki oleh seluruh masyarakat di Indonesia sejak tanggal 1 Januari 2014 yang lalu. Setiap tahunnya peserta BPJS Kesehatan ini terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Hal ini dikarenakan adanya BPJS Kesehatan ini dirasakan sangat membantu masyarakat, terutama bagi masyarakat menengah ke bawah dalam pelayanan kesehatan. Karena BPJS Kesehatan ini menggunakan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi biasa.

Secara umum, BPJS Kesehatan ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis karena sudah ditanggung oleh pemerintah dan BPJS Mandiri yang terbagi menjadi 3 jenis yakni :

3 Jenis BPJS Mandiri

  • BPJS Kesehatan Kelas 1

BPJS Kesehatan Kelas 1 ini menetapkan iuran perbulannya bagi pesertanya sebesar Rp. 80.000 / orang. Tentunya bagi peserta BPJS Kesehatan Kelas 1 ini akan mendapatkan berbagai fasilitas rawat inap yang lebih mumpuni dibandingkan kelas yang ada dibawahnya. Seperti kamar rawat inap kelas 1.

  • BPJS Kelas 2

BPJS Kesehatan Kelas 2 ini anda diwajibkan membayar iuran perbulannya sebesar Rp. 51.000 / orang. Lalu apa saja fasilitas BPJS Kesehatan kelas 2 itu? Tentunya anda akan mendapatkan kamar rawat inap kelas 2.

Terus bagaimana kalau anda ingin dirawat inap di kamar kelas 1? Tentunya bisa saja, asalkan anda membayar biaya selisih dari yang menjadi tanggungan BPJS Kesehatan Kelas 2.

  • BPJS Kelas 3

BPJS Kelas 3 ini memiliki iuran yang paling ringan serta terjangkau oleh banyak orang, karena anda hanya dipungut membayar iuran perbulannya sebesar Rp. 25.000 / orang. Fasilitas yang akan anda dapatkan juga tentunya kamar rawat inap kelas 3.

Cara Cek BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi                  

Untuk cara mengecek BPJS Kesehatan anda bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama unduh aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan di Google Play Store atau App Store.
  • Lalu buka aplikasi yang telah terpasang di handphone anda.
  • Disini and akan menemukan form login dan meminta nomor kartu BPJS atau email aktif dan password.
  • Jika sudah pernah mendaftar aplikasi ini, silakan anda bisa langsung mengisi form dan klik ‘Login’. Apabila belum pernah daftar, klik ‘Register’.
  • Kemudian isi form pendaftaran yang tertera di halaman. Mulai dari nomor BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor handphone serta password. Isi alamat email dan nomor handphone yang sesuai dengan data saat mendaftar BPJS Kesehatan.
  • Klik ‘Register’ dan otomatis anda akan menerima form verifikasi yang harus diisi dengan kode angka unik. Yang mana, kode unik tersebut akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar.
  • Lalu bukan pesan masuk dari BPJS Kesehatan di email, salin kode unik serta masukkan ke form verifikasi.
  • Klik ‘Verify’ dan anda akan masuk ke menu utama yang terdapat beberapa fitur Mobile JKN.
  • Anda pilih menu ‘Peserta’ untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • Disini anda akan menemukan informasi mengenai keanggotaan BPJS Kesehatan diri sendiri beserta keluarga yang ditanggung.

Demikianlah artikel kali ini tentang BPJS Kesehatan semoga ada guna dan manfaatnya bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *