Berapa Banyak Kalori yang Ada Dalam Pisang Kepok?

Buah pisang kepok salah satu sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan dan fitonutrien yang sehat. Selain nutrisinya, jumlah kalori pisang kepok juga perlu Kamu tahu, lho.

Apalagi bagi yang sedang menjalani program diet, menghitung kalori salah satu yang biasa dibutuhkan sebelum mengonsumsi makanan. Begitu juga dengan kalori pisang kepok, beda penyajian beda pula kalori yang dimilikinya.

Menghitung Kalori Pisang kepok

Ada banyak jenis dan ukuran buah pisang kepok. Warnanya biasanya berkisar dari hijau hingga kuning. Cara mengolahnya pun bervariasi, mulai dari pisang kepok goreng, pisang kepok rebus, atau yang langsung dimakan yakni pisang kepok.

Mengutip Penn Medicine, kalori pisang kepok berukuran sedang memiliki sekitar 105 kalori, dengan gula alami buah-buahan, serta 3 gram serat. Serat yang tinggi membantu melancarkan pencernaan.

Menurut penelitian dari jurnal Annals of Internal Medicine, hanya dengan meningkatkan asupan serat per hari, salah satunya buah pisang kepok, ia salah satu alternatif dalam cara menurunkan berat badan dengan alami.

Seperti yang diketahui, pisang kepok juga merupakan sumber vitamin yang baik, seperti kalium. Dan seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, pisang kepok bukanlah sumber lemak atau protein, melainkan sumber karbohidrat.

Jika dibandingkan dengan buah-buahan lain, seperti beri, pisang kepok memiliki energi (kalori) yang lebih tinggi. Meski kalori pisang kepok yang cukup tinggi, ini menjadi salah satu buah-buahan yang bisa dimasukkan ke dalam diet sehat.

Pola makan yang seimbang, penuh dengan buah-buahan dan sayuran, dapat memberikan dampak yang lebih baik pada pola diet sehat.

Manfaat Buah Pisang Kepok

Setelah mengenal dan menghitung berbagai kalori pisang kepok, Kamu perlu tahu manfaatnya untuk kesehatan.

Adapun manfaat yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Sumber Karbohidrat

Pisang kepok adalah sumber karbohidrat yang dapat menjadi solusi sumber karbo selain nasi ataupun produk gandum. Ini menjadi salah satu buah kesukaan para atlet karena kandungan mineralnya dan karbohidrat yang mudah dicerna.

Makan pisang kepok dapat membantu mengurangi kram dan nyeri otot terkait olahraga, yang memengaruhi hingga 95 persen, melansir studi dalam National Center for Biotechnology and Information. Kram yang terjadi pada sebagian atlet dipicu dari dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit.

Meskipun demikian, kalori pisang kepok memang memberikan nutrisi yang sangat baik sebelum, selama, dan setelah aktivitas fisik dan berolahraga.

2. Tinggi Serat

Selain kalori pisang kepok cukup rendah, ia tinggi serat di mana salah satu membantu pencernaan yang lebih baik. Pisang kepok berukuran sedang memiliki sekitar 3 gram serat, menjadikan pisang kepok sumber serat yang sehat.

Pisang kepok mengandung dua jenis serat utama, antara lain:

  • Pektin: Menurun saat pisang kepok matang.
  • Pati resisten: Ditemukan pada pisang kepok mentah.
  • Pati resisten adalah makanan bagi bakteri dan menguntungkan kesehatan usus.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pektin dapat membantu melindungi dari kanker usus besar.

3. Mengatur Tekanan Darah

Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung, terutama pengontrol tekanan darah. Meskipun penting, hanya sedikit orang yang mendapatkan cukup kalium dalam makanan mereka.

Melansir U.S Department of Agriculture pisang kepok adalah sumber makanan kalium yang bagus. Satu pisang kepok ukuran sedang (118 gram) mengandung 9 persen.

Diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan orang yang makan banyak kalium memiliki risiko penyakit jantung hingga 27 persen lebih rendah.

Selain itu, pisang kepok mengandung magnesium dalam jumlah yang cukup, yang juga penting untuk kesehatan jantung. Nah, itu dia Kamu buah dan kalori pisang kepok yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Kalori pisang kepok yang rendah, bahkan bahkan dapat membantu menurunkan berat badan, karena relatif rendah kalori dan padat nutrisi.

Pisang kepok yang matang adalah salah satu yang enak untuk disantap. Terlebih lagi, pisang kepok kuning dan hijau dapat membuat tubuh tetap sehat dan merasa kenyang.

Nah, itulah beberapa manfaat pisang kepok untuk kesehatan bayi. Saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat membeli pisang kepok yang dijamin segar dan berkualitas. TaniHub menyediakan pisang kepok serta kebutuhan sehari – hari seperti buah, sayur, sembako, kebutuhan masak, bumbu, telur dan unggas lainnya yang telah lulus quality control yang ketat.

TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Keberadaan TaniHub mendukung para petani untuk mendapatkan akses pasar dengan menyalurkan hasil produk pertaniannya kepada konsumen B2B (Business to Business) & B2C (Business to Consument).

Selain membantu para petani lokal, Kamu juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau dari promo yang ditawarkan oleh TaniHub.

Yuk belanja sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *